Rabu, 12 September 2018

Ro'an adalah tradisi unik dipesantren

RO’AN ADALAH TRADISI UNIK PESANTREN




Roan berawal dari kata tabarrukan yang disingkat menjadi rukan, kemudian menjadi roan.
Roan adalah hal yang meng-adat dan melekat pada jati diri pesantren. Setiap anak dibebani untuk roan, paling minim adalah membersihkan kamarnya sendiri.
Disamping kebersihan ajaran islam, juga kebersihan adalah anjuran dokter dan tentunya manfaat dari kebersihan untuk diri masing-masing. Di Pesantren kami, roan dilaksanakan setiap hari, khususnya adalah hari jum’at, biasa disebut dengan roan akbar.
Biasanya pada hari jum’at membersihkan mushola, kamar mandi, dan seluruh lokasi di Pondok Pesantren.
Ada hal unik roan di Pesantren, umumnya diseluruh Pesantren Nusantara, para santri berbondong-bondong dan saling royokan ketika diutus roan di Pondok Putri…Hahaha
الطهور شطر الايمان
(kesucian adalah sebagian dari iman) begitu sabda Nabi SAW. Karena yang bersih belum tentu suci dan yang suci biasanya bersih.
Di Pesantren Nurul Islam Al Muniri mewajibkan/mengharuskan para santri untuk melaksanakan roan yang dilaksanakan setelah sarapan pagi, dalam hal ini biasanya para santri menyapu, menengepel, dan merapikan kamar tidurnya.
Pesan dari saya untuk para alumni jangan sampai memondokkan putranya ditempat lain sebelum mondok di Pesantren Nurul Islam Al Muniri dan berpesan kepada umat muslim indonesia untuk belajar agama di Pondok Pesantren terdekat, jangan sampai belajar agama melalui selain jalur dari Pesantren.
Salam Ta’dzim
Khodimul Ma'had

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Madrasah Diniyah Nurul Islam Al-Muniri Gelar Taftisyul Kutub

Dokumentasi : Tim Media Madin Nurul Islam Al-Muniri Ahad, 2 Juni 2024 - Madrasah Diniyah Nurul Islam Al-Muniri menyelenggarakan acara Taftis...