Jumat, 27 September 2019

Beramal Berdasarkan Empat Hal

BERAMAL BERDASARKAN 4 HAL
وقيل لحاتم رضى الله تعالى عنه : علام بنيت عملك...؟ قال : على اربع : احدها : انى علمت أن لى رزقا لا يجاوزنى الى غيرى، كما لا يجاوز رزق احد الي فوثقت به. والثانى علمت ان علي فرضا لا يؤديه غيرى، فأنا مشغول به. والثالث علمت أن رب يرانى كل وقت، فاستحى منه. والرابع علمت أن لى أجلا يبادرانى، فأنا ابادره.

قال الفقيه رضى الله تعالى عنه : المبادرة إلى الأجل الإستعداد بالأعمال الصالحة، والامتناع عما نهى الله، والتضرع الى الله تعالى لكى يثبته على ذلك، ويجعل خاتمته فى خير.

Pernah ditanyakan kepada hatim, "atas dasar apa kamu beramal.?" Hatim menjawab, "aku beramal berdasarkan empat hal, yaitu :
1. Aku mengetahui, bahwa rezeki untukku tidak akan lari kepada orang lain, sebagaimana rezeki orang lain tidak akan datang kepadaku, maka aku mempunyai kepercayaan yang mantap dalam masalah rezeki ini.
2. Aku mengetahui, bahwa aku harus mengerjakan kewajiban-kewajiban yang tidak bisa dilaksanakan oleh orang lain, maka aku sibuk untuk mengerjakan kewajiban-kewajiban itu.
3. Aku mengetahui, bahwa tuhan melihatku setiap saat, maka aku merasa malu kepadanya.
4. Aku mengetahui bahwa ajal mengejarku, maka saya mengejar ajal itu.

Al-faqih menerangkan, bahwa yang dimaksud dengan mengejar ajal adalah mempersiapkan diri dengan mengerjakan amal sholih, menjauhkan diri dari segala hal yang dilarang allah, dan berdo'a kepada Allah supaya diberi kekuatan untuk mengerjakan hal itu dan menjadikanya husnul khotimah (akhir yang baik)

Ket foto : kegiatan KBM Madin Nurul Islam Almuniri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Madrasah Diniyah Nurul Islam Al-Muniri Gelar Taftisyul Kutub

Dokumentasi : Tim Media Madin Nurul Islam Al-Muniri Ahad, 2 Juni 2024 - Madrasah Diniyah Nurul Islam Al-Muniri menyelenggarakan acara Taftis...